klik disini ! berhadiah menarik

Hosting Gratis

welcome to my blogger

HOST

Hosting Gratis

Jumat, 11 Mei 2012

MENGOPERASIKAN SISTEM OPERASI BERBASIS GUI

sobat blogger pengen belajar yaa ....!!
sini baca2... yukkss ! :P

A.    Sistem Operasi Windows
Sistem operasi berbasis grafis yang paling popular di Indonesia adalah sistem operasi Windows.Sistem operasi Windows perkembangannya sangat cepat, mulai dari Windows 3.1., Windows 95, Windows 98, Windows 2000, Windows ME, Windows XP, dan yang terakhir saat ini adalah Windows Vista. Pada umumnya versi baru merupakan penyempurnaan dari versi sebelumnya, tetapi memiliki kelemahan dalam kebutuhan komponen minimal yang harus dimiliki oleh sistem computer kita, terutama berkenaan dengan kecepatan CPU, RAM, dan ruang (space) pada harddisk.
Dibandingkan dengan DOS, Windows jauh lebih diminati karena kemampuannya yang lebih handal. Windows didesain sebagai OS yang sangat users friendly. Bandingkan dengan DOS dimana kita harus menghafal perintah-perintah yang ada. Demikian pula dalam hal tampilnya yang berbasis grafis. Windows  juga dirancang sedemikian rupa sehingga user (pemakai) yang belum kenal computer sama sekali dalam waktu yang relative singkat dapat mengoperasikan computer. Selain itu, Windows juga memiliki kemampuan multitasking, sehingga user akan dapat lebih menghemat waktu untuk menjalankan beberapa aplikasi.
Sistem Operasi Windows ini diproduksi oleh sebuah perusahaan software terbesar di dunia untuk saat ini, yaitu Microsoft. Sistem operasi Windows sifatnya close source, artinya untuk mendapatkan Sistem Operasi Windows ini kita harus membayar.
Microsoft Windows XP Professional kependekan dari Microsoft Experience professional merupakan sistem operasi berbasis grafis (gambar). Windows XP merupakan penyempurnaan Windows vesi sebelumnya yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang ada didalamnya dan kemudahan dalam pengoperasiannya. Microsoft Windows XP ini merupakan salah satu unggulan dari Microsoft Corporation yang secara resmi dikeluarkan pada tanggal 25 Oktober 2001. Dengan Windows XP ini pemakai akan mudah dalam pengoperasiannya, lebih menyenangkan, lebih cepat, kompatibel dengan berbagai perangkat lunak (software) maupun perangkat keras (hardware).
Banyak perubahan yang terjadi dalam sistem operasi Microsoft Windows XP ini, mulai dari masalah registrasi, kelengkapan driver, peningkatan performance, design interface baru, Internet Explorer dengan versi terbaru yang mengarahkan orientasi user dalam penggunaannya, sampai sesuatu yang belum pernah diterapkan pada Microsoft Windows generasi-generasi sebelumnya, yaitu firewall.

1.    Registrasi
Dalam hal registrasi, Microsoft Windows XP telah mengimplementasikan Windows Product Activation (WPA)  dalam sistemnya. Artinya, Microsoft menginginkan semua informasi tentang penggunaannya. Dalam hal ini Microsoft memaksa penggunanya untuk melakukan registrasi dan pengguna diberi waktu selama 14 hari untuk melakukan aktivasi. Jika aktivasi ini tidak dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah digariskan, maka Microsoft Windows XP akan macet dan tidak dapat digunakan lagi.
Yang paling menonjol dalam hal aktivasi ini adalah bahwa pihak Microsoft menyediakan kombinasi dari 35 angka yang terus berubah. Dalam hal ini pengguna harus memasukkannya ke dalam Activation Mask yang telah disediakan pihak Microsoft. Jika proses ini dapat dilewati maka Microsoft Windows XP akan dapat digunakan kembali.
2.    Kelengkapan Driver
Windows XP dibentuk dengan kompabilitas tinggi terhadap software-software yang ada sekarang. Bahkan Windows XP telah dipersiapkan untuk mendukung program-program beraritektur Windows generasi sebelumnya seperti Windows 9x/Me/NT/2000. Hal ini akan memberikan kemudahan dalam menggunakan software-software yang memiliki driver khusus untuk menjalankannya.
Dari sisi hardware, tidak semua hardware compatible dengan sistem Windows XP. Hanya dari sistem multimedia dan kamera digital terdapat perkembangan yang menggembirakan.
3.    Performance yang Andal
Telah terjadi banyak perubahan dari sisi performance pada Windows XP ini. Penambahan kecepatan pada even-even tertentu, seperti saat booting yang bahkan kecepatannya bisa melampaui kecepatan booting Windows 2000.
Feature terbaru yang tidak kalah menarik adalah bahwa kita dapat melakukan pergantian user (pada Windows generasi sebelumnya, harus menggunakan logg off), tanpa harus menutup aplikasi yang sedang aktif (ahl ini tidak berlaku pada log off), yaitu dengan menggunakan switch user.
Dari sisi tampilan, terdapat destop gaya baru dari Windows XP yang disebut dengan Luna. Gaya destop ini berbeda total jika dibandingkan dengan destop yang dimiliki oleh generasi Windows 9x/Me bahkan Windows 2000. Perhatikan gambar tampilan desktop Luna
Desktop Luna tampak lebih atraktif dibandingkan dengan desain desktop yang terdapat pada generasi Windows 9e.Me. Bahkan sistem Windows XP memberikan tooltips yang dapat membantu dalam penggunaan Windows XP itu sendiri.
Untuk lebih jelasnya mengenai Windows XP dengan menu Luna, perhatikan tampilan berikut  !
Yang mengalami perubahan secara drastic adalah start menu. Dari segi ukuran, start menu pada Windows XP terlihat lebih besar. Dengan susunan ikon yang dibagi menjadi dua bagian, yaitu bagian kiri adalah ikon-ikon yang dijadikan shortlink bagi aplikasi user yang terakhir dijalankan dan bagian kanan adalah ikon-ikon standar yang terdapat dalam Windows XP.
Dari sisi fleksiobelitas, Windows XP juga menyediakan menu classic seperti pada generasi Windows sebelumnya, yang diperuntukkan bagi user yang tidak menyukai Luna.
Untuk lebih jelasnya mengenai Windows XP dengan menu classic, perhatikan tampilan beriku  !
4.    Firewall
Dari sisi keamanan, baru pertama kali Microsoft Windows  memiliki firewall, yang dapat digunakan sebagai sistem keamanan data, yang dapat menyaring penggunaan pin, bahkan dapat membantu computer yang digunakan tidak tampak bagi port scanner yang biasa digunakan.
5.    Spesifikasi Minimum
Spesifikasi minimum yang dapat dijadikan sebagai acuan untuk menggunakan Windows XP yaitu Processor Pentium II 300 MHz, RAM 128 MB (megabyte), dan harddisk 2 GB (gigabyte). Namun demikian, disarankan untuk menggunakan computer dengan spesifikasi yang tinggi.

Posting Komentar

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( :-q =))

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Enterprise Project Management